Abdul Somad, USTAD JAMAN NOW : Kealiman nya Membuat Ketua PBNU Kagum ...

[Suara Islam]   -  Abdul Somad, USTAD JAMAN NOW....!! Dari pelosok ke pelosok berda'wah, hingga merambah di perkotaan dan diken...


[Suara Islam]  -  Abdul Somad, USTAD JAMAN NOW....!!

Dari pelosok ke pelosok berda'wah, hingga merambah di perkotaan dan dikenal luas sudah, karena begitu tawadhu’ walau Ilmunya begitu luas tetap sederhana walau kadang di lingkungan kalangan mewah, tegas terarah dalam mencerahkan sehingga ummat gampang mencerna paham.

Ulama yang rendah hati, penuh dengan kesederhanaan, sama seperti orang-orang kampung kebanyakan yang kita lihat.

Namun Kecerdasannya, Pemahamannya, Ilmu Agamanya, Al Quran, Hadist yang ia dalami akan menggetarkan siapapun yang mendengarkan pemaparannya disaat dia berada diatas podium/mimbar.

Selalu ada guyonan yang berkelas dalam setiap ceramahnya, bukan guyonan garing tanpa ilmu. Logat melayu dan suara nyaringnya membalut diksinya yang gamblang, detail dan argumentatif, toleran dalam masalah fiqih, namun tegas dalam Syariat.

Ustadz kelahiran Medan 1977 ini berpendidikan S1 Al-Azhar Mesir dan S2 Marokko adalah seorang dosen Bhs Arab dan Tafsir.

Umat kini membutuhkan ulama atau kiyai macam dia tuh. Bukan macam beberapa tokoh yang terseret fanatisme golongan, hingga ikut-ikutan bersama pihak luar menyudutkan sesama muslim hanya karena tak sepaham.

Beliau tanpa tedeng aling-aling mengaku penganut madzhab Syafi'i dalam fiqih, membela tradisi amalan Tahlil dan Yasinan dengan argumen syar'iy dan tarbawiy kuat, tapi jika bicara perjuangan, baginya Islam hanya satu. Semua gerakan dakwah Islam, dalam koridor Aswaja...

Mengapa beliau beda, karena dua hal: mutsaqqaful fikri dan zakiyyun nafsi.. pinter otaknya dan bersih hatinya sekaligus.

Pinter tapi kotor hanya menciptakan sampah pemikiran; bersih tapi bodoh tak pernah memberi cahaya kepahaman..

Berani menolak permintaan presiden, kalau mau dibandingkan dengan kyai-kyai sebelah sana..maka akan jauh panggang dari api. Kyai sana malah bersedia tergopoh-gopoh menemui presidennya ketika dipanggil. Walaupun ada jadwal pengajian dengan umat, mereka bisa tinggalkan karena negara memanggil...yaitu presiden. Namun bagi Ustadz Abdul Somad, rakyat-LAH YANG HARUS DITEMUI.

Satu orang presiden yang beliau temui, bisa mengecewakan ribuan umat yang sudah menunggu kedatangannya. Dan beliau lebih mementingkan ribuan umat dari pada bertemu dengan presiden. Toh sama-sama manusia, sebiji dengan ribuan biji tentu akan lebih bermanfaat karena bukan ketenaran yang dicari tapi menebar manfaat sebanyak-banyaknya.

Semoga Allah SWT senantiasa menjagamu wahai ustadz yang Insya Allah dicintai ummat. Ghirrah da'wah engkau adalah inspirasi bagi yang lain bahwa ilmu benar-benar membuat kedudukan dan kemulyaan bagi hamba yang ikhlas.

Salam hormat dan terima kasih wahai ustadz Somad, kami sangat bersyukur dengan adanya ustadz yang all out mengajar dan mengajak ummat selalu merindukan kasih sayang Allah SWT.




Ketua bidang pendidikan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Muhammad Sulton Fatoni menyampaikan kekagumannya terhadap kealiman dai yang mencuat namanya akhir-akhir ini, Ustaz Abdul Somad. Namun, menurut Fatoni, Ustaz Somad masih perlu memperbaiki lagi bahasa dakwahnya.




Sulton mengatakan, Ustaz Somad merupakan kader NU karena pernah menjadi Ketua Lembaga Bahtsul Masail PWNU Riau selama lima tahun. Karena itu, menurut dia, konten yang disampaikannya sesuai dengan pemahaman NU yang moderat. Bahkan, Ustaz lulusan S2 Darul Hadits Maroko tersebut dikenal sangat tawadhu terhadap kiai.

"Dari sisi konten beliau bagus. Beliau alim, beliau pinter, tapi dari sisi bahasa dakwah beliau harus tetap belajar mencari diksi yang baik. Kekuatan bahasa materi dengan bahasa dakwah kan berbeda," ujar Sulton, Rabu, 13 Desember 2017 seperti dirilis Republika.


Menurut dia, para kiai NU di pesantren itu mengubah masyarakat menjadi lebih baik karena menggunakan bahasa dakwah yang baik. Sementara secara materi, menurut dia, kiai pesantren biasanya juga lebih dulu melakukan kajian yang panjang dengan menjelaskan kata per kata. Karena dalam satu kata itu bisa mempunyai makna yang banyak.



"Tapi kalau di tengah masyarakat, ketemu dengan masyarakat yang waktunya hanya satu sampai dua jam, kiai itu itu harus lebih menguasi bahasa dakwah," ucapnya.

Dalam menyampaikan dakwahnya, menurut dia, seorang dai harus mempunyai memiliki bahasa dakwah yang mumpuni. Karena itu, ia menyarankan agar Ustaz Somad ke depannya memperbaiki bahasa dakwahnya dengan lebih baik lagi, sehingga beberapa pihak yang berkepentingan tidak mudah menjadikannya kabar hoax.

"Secara materi, moderat. Hanya beliau masih perlu mumpuni atau perlu memilih dengan baik bahasa dakwahnya. Kalau materinya sudah bagus. Alim beliau," katanya.



               = Sumber; yesmuslim

COMMENTS

Nama

Berita Berita Islam Entertainment Hubungan Hukum Islam hukum Kriminal Internasional Islam Kisah Nyata nasional Otomotif Ramadhan tekno
false
ltr
item
Suara Islam: Abdul Somad, USTAD JAMAN NOW : Kealiman nya Membuat Ketua PBNU Kagum ...
Abdul Somad, USTAD JAMAN NOW : Kealiman nya Membuat Ketua PBNU Kagum ...
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh38fk53AH29U2Lbgff4goXdwriig1J3Wl37npeo54HWlxoKeU-KGzPKoWzqlhBz_3W50pt8H4QLeVx19xS7er5qJ9klBd8KGNXR6t7cqIhw2iMPv_ahuHlF3hjxBgHNmv03KerWeYGLEE/s1600/Screenshot_727.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh38fk53AH29U2Lbgff4goXdwriig1J3Wl37npeo54HWlxoKeU-KGzPKoWzqlhBz_3W50pt8H4QLeVx19xS7er5qJ9klBd8KGNXR6t7cqIhw2iMPv_ahuHlF3hjxBgHNmv03KerWeYGLEE/s72-c/Screenshot_727.png
Suara Islam
https://suaraislam19.blogspot.com/2017/12/abdul-somad-ustad-jaman-now-kealiman.html
https://suaraislam19.blogspot.com/
http://suaraislam19.blogspot.com/
http://suaraislam19.blogspot.com/2017/12/abdul-somad-ustad-jaman-now-kealiman.html
true
3766414770020594543
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy